Rabu, 07 September 2011

Ikatan Duta Bahasa Sumatera Utara

Duta bahasa sebagai generasi muda bangsa Indonesia berkewajiban untuk melanjutkan semangat mulia tersebut sesuai dengan amanat konstitusi dan keinginan luhur seluruh rakyat Indonesia. Ikatan Duta Bahasa adalah organisasi yang egaliter, independen, dan demokratis di wilayah Republik Indonesia yang merupakan wadah pembinaan, pelindungan, pengembangan bahasa. Visi Ikatan Duta Bahasa menjadikan insan Indonesia unggul dan memiliki sikap positif terhadap bahasa dan sastra. 

Misi Ikatan Duta Bahasa:
  1. membina pribadi yang inovatif, kreatif, dan berdaya guna bagi pengembangan, pembinaan, dan pelindungan bahasa dan sastra di Indonesia melalui kegiatan kebahasaan, dan
  2. berperan aktif dalam memasyarakatkan penggunaan bahasa Indonesia, daerah, dan asing yang tepat guna pada komunikasi massa dan ruang publik.
Duta Bahasa terbagi menjadi 2 yakni:
  1. Duta bahasa Nasional ; yaitu setiap orang yang telah mengikuti proses pemilihan Duta Bahasa di tingkat provinsi dan nasional, dan 
  2. Duta bahasa daerah; yaitu setiap orang yang telah mengikuti proses pemilihan Duta Bahasa di tingkat provinsi.
Ikatan Duta Bahasa Sumatera Utara merupakan wadah pembinaan, pelindungan, pengembangan bahasa bagi generasi muda di provinsi Sumatera Utara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar